gambar

Kiat Merawat Baju Gamis

Assalamualaykum mak

 

Mimin ada beberapa tips simpel niih tentang cara merawat baju gamis biar awet dan tidak mudah memudar.

 

  1. Hindari mencuci baju gamis baik yang berbahan satin, katun jepang, ataupun sutera dengan mesin cuci sebab justru akan membuatnya cepat rusak. Untuk mencucinya lakukan saja secara manual dengan tangan ya mak sekalian olahraga juga biar sehat :D pakai sabun cuci yang khusus diperuntukkan bagi jenis kain yang lembut.
  2. Ada baiknya rendam terlebih dahulu baju gamis sebelum dicuci ke dalam air selama kira-kira 10 menit. Setelah itu baru dicuci dengan cara dikucek secara perlahan lalu bilas. Sebaiknya hindari penggunaan sikat baju, terutama yang kasar, saat mencuci baju gamis.
  3. Dalam mencuci baju gamis, hindari dalam memerasnya agar serat kain tidak mudah rusak. Untuk mengurangi kandungan air dalam baju cucian cukup didiamkan di atas tempat berongga (di tus).
  4. Tambahkan pelembut pakaian ketika membilas. Hal ini untuk membantu kita mempertahankan kelembutan dan menjaga serat kain.
  5. Hindari panas langsung dari matahari saat menjemur baju gamis agar tidak merusak serat kain maupun warnanya. Cukup angin-anginkan saja di tempat yang agak teduh hingga kering.
  6. Setelah menyetrika, jangan langsung disimpan di dalam lemari. Biarkan udara masuk ke pori-pori kain selama beberapa menit. Setelah itu simpan pakaian dalam lemari. Jika pakaian sudah terlalu lama tidak dipakai, kita juga dapat mengeluarkannya dari lemari agar terdapat aliran udara pada pakaian.
  7. Bila perlu tempatkan kamper pada lemari pakaian untuk mencegah munculnya ngengat yang akan merusak pakaian

 

Nah, setelah membaca tips di atas, apakah emak masih beranggapan bahwa merawat koleksi baju gamis kita adalah hal sepele? Jika kita sanggup mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membeli berbagai macam baju gamis, kita harus sanggup merawatnya dengan baik agar koleksi baju gamis kita tetap awet dan terjaga kualitasnya. ;)

 

Semoga tips nya bermanfaat ya J

 

Share on
Baca Juga